Sunday, March 25, 2007

Aku adalah Aku

Beberapa waktu setelah masuk kuliah, ada beberapa teman yang memberi masukkan kepada ku untuk menjadi dosen dan mengantikan posisi Prof. DR.agr. Lim Jan Sioe, Drs. (yang terkenal sebagai Profesor tikus) munkin karena saya juga pakai nama China (Sim Chung wei), saya sendiri merasa saya tidak terlalu berminat pada penelitian tikus, dan memang akhirnya skripsi sayapun tentang serangga, bukan tikus. Atau apa alasanya saya tidak tahu, megapa teman-teman menyerankan saya mengantikan Prof. Lim.
Beberapa waktu lalu saya sempat menonton film Soe Hok Gie, di kost-an adik tingkatku. Dia juga sempat megutarakan kalau saya mengikuti saja jejak Gie. Tapi lagi-lagi saya merasa itu bukan jalur hidup saya, dan saya bukan seorang yang suka protes dengan keadaan, kalau pun proses, jangan sekali saya utarakan, tidak seperti sosok Gie yang berani mengutarakan keadaan yang tidak baik, tidak adil, dan tidak sesuai.Setelah itu, saya sempat berpikir apakan mungkin salah satu bagian dari kehidupan Gie sama dengan saya, dimana Gie mati muda sebagi seorang lajang? namun kemudian saya berpikir lagi .............
Dan akhirnya jawabanya adalah, saya adalah diri saya sendiri, mungkin orang lain atau bahkan sahabat terdekat saya memberi banyak masukkan, namun saya sadari bahwa saya adalah saya, yang menentukan jalan hidup saya adalah diri saya sendiri. Dan hanya Tuhan yang dapat mengizinkan saya mengambil jalan saya hidupku. Terima kasih Tuhan untuk kehidupan yang Engkau berikan kepada saya, dengan segala kelebihan dan kekurangan, kesenangan dan kesedihan, keberhasilan dan kegagalan, dan segalanya yang Engaku berikan dalam hidupku ini. Sungguh suatu kehidupan yang unik, dan saya percaya tidak pernah dan akan ada lagi manusia yang Engkau ciptakan sama persis dengan diriku ini.

No comments: